Kamis, 14 November 2019

Apa Itu Window Dressing?

          "Window Dressing"



Anda pernah mendenger istilah Window Dressing? mungkin bagi sebagain orang ataupun pemula tentunya mendengar Window Dressing sesuatu hal yang baru, namun tidak bagi para pelaku bisnis maupun pelaku pasar yang sudah lama khususnya di pasar saham. Pada umumnya Window Dressing itu ibarat mempercantik diri agar menuai kesan yang mengagumkan istilah gaul dikitnya gtu,hehehe. Intinya bagi pelaku usaha agar bisnisnya kuat maka tentunya mempunyai laporan keuangan yang ciamik dan bagi fund manager atau (manajer investasi) agar portfolio nya memiliki performance yang baik untuk dilaporkan ke investor. 

Apa itu Window Dressing ?

Dipasar saham Window Dressing itu suatu kondisi pada saat harga saham akan mengalami kenaikan cukup signifikan, dalam kondisi ini biasanya terjadi diakhir tahun yaitu dibulan Desember dan akan berlanjut dengan adanya  penguatan dibulan Januari atau disebut January Effect apa yang dimaksud January Effect? nanti saya akan kasih ulasan pada kesempatan berikutnya. Dan tentunya ini menjadi kabar baik bagi para pelaku pasar saham karena dengan kecenderungan adanya kenaikan harga saham akan menguntungkan bagi para pelaku pasar saham baik trader maupun investor jika memasuki Window Dressing.

Sedangkan dalam pengertian "Windows Dressing" adalah strategi yang dilakukan oleh manajer investasi maupun perusahaan terbuka untuk mempercantik portofolio atau performa laporan keuangan sebelum ditampilkan kepada para pemegang saham. Dalam melakukan Windows Dressing, biasanya manajer investasi akan menjual saham-saham mereka yang performance kurang menguntungkan dan akan membeli saham-saham yang mempunyai kecenderungan untuk menguat pada periode atau kuartal tertentu. 

Pada momen Window Dressing ini sebenarnya juga terjadi dalam setiap kuartal tiap perusahaan merilis laporan kinerja keuangan yaitu, dibulan Maret, Juni, September, Desember hanya saja efeknya secara psikologis akan lebih terasa pada bulan Desember, terlebih menjelang akhir bulan Desember, ketika investor-investor retail sudah berlalu meninggalkan market untuk liburan akhir tahun.

Apakah Window Dressing Berpengaruh Terhadap Harga Saham?

Pengaruh Window Dressing dipasar saham tentunya sangat berpengaruh untuk mengerek harga saham bergerak tinggi. Kebanyakan saham-saham yang mengalami lonjakan tinggi yaitu saham-saham yang mengerek IHSG seperti saham BlueChips ataupun saham yang memiliki performance yang positif. Efek Window Dressing sangat terasa biasanya dalam satu hari saham tersebut bisa mengalami kenaikan 6% hingga 10% .  

Dalam minyikapi Window Dressing tentunya harus dengan bijak dan tidak boleh greedy broo,hehehe harus punya trading plan bagi trader sedangkan bagi investor teliti dan analisa fundamental emiten jika untuk investasi jangka panjang begitu.hehe. Oke lanjut, salah satu contoh saja untuk minyikapi Window Dressing ini yaitu jika anda yang jangka pendek atau trader adalah akan baru memulai akumulasi saham dibulan pertengahan bulan hingga akhir November karena secara probabilitasnya dibulan November IHSG rehat sejenak atau koreksi wajar dan tentunya saat yang tepat untuk memilih saham-saham yang murah untuk diakumulasi dan bisa menjualnya diakhir bulan Desember ataupun bulan Januari. Berikut data kenaikan selama bulan Desember :



Window Dressing tentunya tidak selalu diawali dengan pergerakan saham yang selalu naik, namun hampir selalu diawali dengan turunnya saham selama beberapa hari bahkan minggu. Windows Dressing ini jarang sekali memberi sinyal terlebih dahulu  untuk kenaikan yang tinggi esok harinya, sehingga anda harus selalu perhatikan pilih kondisi saham yang positif dan kuat lanjut akhir penulisan saya akan kasih tips bagaimana memanfaatkan Window Dressing.
.
Bagaimana Mendeteksi Tanda Akan Adanya Window Dressing Saham?

1. Penurunan harga saham berkapitalisasi besar : Adanya penurunan saham-saham yang berkapitalisasi besar yang tentunya saham tersebut adalah penggerak IHSG dalam beberapa waktu.

2. Rebalancing portfolio: Adanya rebalancing portfolio pada saham berkapitalisasi besar yang, sehingga menyebabkan turunnya harga saham.

3.  Saham yang sudah terlalu mahal : Mahal nya harga saham di Bursa Saham Indonesia.

Bagaimana Tips Agar Memanfaatkan Momen Window Dressing?

Bagi anda yang sudah membaca dari awal mengenai Window Dressing baik pengertian ataupun istilahnya dan keuntungan yang didapatkan nanti. Maka tentunya anda harus mempunyai strategi atau tips agar momen Window Dressing bisa menguntungkan bagi pelaku pasar saham baik trader maupun investor. Berikut tipsnya :

1. Sebelum memasuki Window Dressing baik itu kuartalan maupun akhir tahunan  khususnya menjelang tutup buku atau dibulan Desember pilihlah saham-saham yang berfundamenl positif baik dari segi laporan keuangannya ataupun sudah melakukan analisa perusahaan tersebut apakah sudah overvalue atau undervalue dan bahkan secara teknikalnya biasanya saham-saham seperti ini akan diperhatikan oleh fund manager (manajer investasi) untuk melakukan akumulasi beli pada saham-saham tersebut sehingga kecenderungan saham tersebut akan naik cukup signifikan.

2. Pilihlah saham-saham BlueChips. Saham seperti BlueChips ini adalah saham penggerak IHSG karena memiliki kapitalisasi pasar yang tinggi karena cenderung pergerakan harga sahamnya relatif terjaga. 

3. Pastikan pisahkan porsi prosentase trading jangka pendek (harian) dan investasi jangka panjang.

.....

Okeee,,,, kira-kira itu gambaran kecil mengenai "Window Dressing" di pasar saham baik mengenai pengertian, istilah, ataupun tips yang saya kasih. :)



Disclaimer on :
Dapatkan khusus bagi client kami yang sudah bergabung ATS & AZ akan kami kasih ulasan mengenai saham-saham mana saja yang cocok untuk trading baik fast trading, swing trading, dan untuk investasi jangka menengah ataupun jangka panjang. Dan client kami yang sudah berbagung akan mendapatkan free analisa teknikal, fundamental, dan stockmology. Ingin mendapatkan update market harian, mingguan, hingga bulanan silahkan gabung bersama kami bisa hubungi kami melalui link ini :> https://activetrader-stock.blogspot.com/p/blog-page.html


#Semoga bermanfaar dan salam CUANNNN ATS :)

0 komentar:

Posting Komentar