Senin, 02 Desember 2019

Apa Itu Tape Reading?

"Tape Reading"




Pernah anda mendengar istilah tentang "Tape Reading"? sebelum saya lanjut saya sedikit cerita bahwa sebenernya "Tape Reading" ini sudah lama diterapkan bagi pelaku pasar yang sudah lama aktif melihat layar monitor dangan menganalisa pergerakan suatu harga saham.  Mungkin bagi yang baru mengenal saham "Tape Reading" ini termasuk istilah baru sehingga masih belum familiar di telinga sehingga masih mencari-cari apa itu Tape Reading Saham.

Apa itu Tape Reading

Tape Reading adalah suatu teknik trading saham dengan cara menganalisa bid-offer harga saham tersebut. Anda bisa melihat juga saham mana yang sedang aktif diperdagangkan dengan melihat live trade yang kejadian dipasar. Selain itu, sejalan dengan menganalisa pergerakan bid-offer tak lupa menganalisa eksekusi live trade by stock tersebut apakah adanya akumulasi (beli) dan distribusi (jual) pada broker Foreign (F) dan Domestic (D) atau hanya memasang order bid-offer palsu agar memancing investor retail masuk dan membuang barang.

Sebenernya banyak teori yang membahas tape reading, hanya saja saya tidak membeberkan teori-teori yang banyak mengenai tape reading. Bagi anda ingin membaca teori tape reading anda bisa baca di bukunya Humphrey B Neill “Tape Reading and Market Tactics “, dan Jesse Livermore “Reminiscences of a stock operator” . Sedangkan intinya pada analisa tape reading adalah bagi saya indikator yang paling penting untuk tape reading yaitu cukup analisa hanya pergerakan bid-offer, live trade, time and trade stock (done) dan broker Foreign (F) dan Domestic (D) yang sudah terjadi di pasar . Saya sarankan ini adalah untuk tipe trader jangka pendek.!!!

Jika anda masih trader pemula ingin memperdalam Tape Reading butuh waktu luang untuk membaca, memahami pergerakan suatu harga dan karakteristik saham serta di butuhkan pengalaman & jam terbang pengamatan seorang trader untuk menentukan pemahaman terhadap pola pergerakan suatu harga di layar monitor, dan biasanya yang selalu di monitor akan lebih mudah memprediksi kemana arah pergerakan harga saham melalui teknik tape reading karena akan mengetahui karakteristik dari setiap pergerakan harga saham. Secara simpel untuk menganalisa saham dengan menggunakan Tape Reading yang perlu diperhatikan :

Apa Yang Harus Diperhartikan Untuk Tape Reading?

1. Running Trade


























Running Trade (Live Trade) ini merupakan tampilan transaksi saham yang terjadi di Bursa saham. Di sini akan terlihat kejadian mana saja yang sudah done di pasar saham Indonesia baik itu harga, lot, maupun broker beli dan jual. Dari running trade ini tape reading bisa kita deteksi yaitu saham mana yang aktif diperdagangkan dan kejadian diharga berapa pada saham tersebut sehingga anda bisa menganalisa dengan melihat pergerakan bid/offer jika saham tersebut aktif diperdagangkan di bursa.

2. Bid-Offer by Stock


























Bid-offer adalah penawaran harga beli (bid) dan jual (offer). Dari bid-offer kita analisa beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah deretan susunan bid/offer, detail dari masing masing bid/offer tersebut, dan yang tidak kalah penting mengenai bid/offer adalah adanya proses perpindahan dari  offer menjadi bid dan bid menjadi offer.

Proses perpindahan ini berhubungan erat dengan cara bagaimana anda memakan atau membeli di harga (offer) maupun cara membuang barang atau menjual di posisi (bid).  Ambil contoh pergerakan harga saham BTPS diatas. Selain bid-offer anda juga harus perhatikan Time and Trade Stock.

3. Time and trade stock (Done)

























..
Time and Trade (Stock) adalah dimana transaksi bid/offer yang sudah terjadi diharga tersebut. Sehingga anda bisa perhatikan dari transaksi saham apakah ada broker melakukan akumulasi (beli) diharga tersebut atau justru melakukan distribusi (jual) diharga tersebut. Untuk tape reading ini bagi trader sangat penting karena bisa melihat pergerakan broker mana yang aktif melakukan transaksi trading disaham tersebut (bid-offer). Dan terakhir anda bisa perhatikan broker mana saja yang melakukan pembelian/penjualan dan diharga berapa broker tersebut melakukan pembelian/ penjualan saham yaitu bisa dilihat di Net Buy-Sell by Stock.

4. Net Buy-Sell by Stock
















Di pasar saham Indonesia kecenderungan mengikuti pergerakan bursa saham global. Sehingga disaat kondisi pasar saham global sedang baik biasanya IHSG mengikuti arah trend pergerakan bursa saham global. Sehingga anda bisa ambil keputusan dengan melihat arah pergerakan harga saham dengan tingkat keyakinan investor asing dan investor lokal pada suatu saham tersebut.

Jika kondisi pasar saham regional dalam kondisi baik, trader akan lebih banyak memanfaatkan momentum kenaikan indeks tersebut untuk membeli saham lebih banyak (fast trade) serta perhatikan sebesara besar Net Buy-Net Sell  baik itu pada broker asing maupun lokal dan perhatikan diharga berapa saham tersebut dikoleksi oleh broker tersebut atau bahkan dibuang oleh broker saham tersebut sehingga anda bisa memanfaatkan momentum trading saham.

Dari beberapa contoh diatas anda bisa melakukan analisa pada aplikasi online trading baik di smartphone atau  bisa di layar monitor yang sudah terinstal aplikasi. Hanya saja bagi trader tentunya akan lebih banyak di depan monitor memantau pergerakan harga saham.

Tips Tape Reading  Saham :

1. Perhatika antrian bid-offer, jika antrian bid lebih besar dari antrial offer maka kecenderungan harga akan dikerek naik. Tetapi dipasar tidak ada yang absolut. Bisa saja itu adalah bid/offer palsu begitupun sebaliknya.

2. Antrian bid kecil, atau ramping, sedangkan antrian offer lebih besar itu menandakan bahwa akan adanya tekanan jual atau guyuran ke harga bid sehingga akan terjadi penurunan harga saham.

3. Perhatikan bid/offer  besar diharga tertentu biasanya market maker akan mengganjal harga saham  tersebut untuk batas support terdekat begitupun sebaliknya jika ada offer besar diharga tertentu sedangkan offer lain antrian normal maka itu bisa dikatakan batas atas atau resistance terdekat kenaikan diharga tersebut sehingga bisa melakukan aksi profit taking diharga resistance terdekat. Begitupun untuk stop loss tape reading.

4. Untuk Tape Reading adalah lebih disarankan untuk jangka pendek karena lebih memantau kecenderungan pergerakan harga saham dibutuhkan konsentrasi trading untuk menganalisa bid/offer karena dipasar pergerakan harga saham sangat fluktuatif & volume sangat tinggi.


Disclaimer on :
Dapatkan khusus bagi client kami yang sudah bergabung ATS & AZ akan kami kasih ulasan mengenai saham-saham mana saja yang cocok untuk trading baik fast trading, swing trading, dan untuk investasi jangka menengah ataupun jangka panjang. Dan client kami yang sudah berbagung akan mendapatkan free analisa teknikal, fundamental, dan stockmology. Ingin mendapatkan update market harian, mingguan, hingga bulanan silahkan gabung bersama kami bisa hubungi kami melalui link ini :> https://activetrader-stock.blogspot.com/p/blog-page.html


#Semoga bermanfaar dan salam CUANNNN ATS :)

0 komentar:

Posting Komentar